Search This Blog

APLIKASI RAPOR K13 METODE SMART PHP MYSQL

PENERAPAN APLIKASI RAPOR K13 MENGGUNAKAN METODE SMART(SIMPLE MULTI ATRIBUT RATTING TECHNIQUE) STUDI  KASUS : SEKOLAH DASAR NEGERI 20 KOTA BENGKULU


APLIKASIRAPOR K13 METODE SMART PHP MYSQL
APLIKASIRAPOR K13 METODE SMART PHP MYSQL

APLIKASIRAPOR K13 METODE SMART PHP MYSQL

APLIKASIRAPOR K13 METODE SMART PHP MYSQL

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang

Kurikulum Pendidikan di Indonesia sering kali berubah, sehingga sistem penilaianpun mengikuti perubahan kurikulum tersebut. Tidak hanya itu, hal ini kerap kali membuat para guru kesulitan menerapkan sistem penilaian pada kurikulum tersebut. Dalam rangka pelaksanaan Kurikulum 2013, pemerintah melalui Kemendikbud telah menerbitkan peraturan baru tentang Implementasi Kurikulum yang dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan danKebudayaan Nomor 81A Tahun 2013. Pada tahun 2014 setiap sekolah harus sudah menerapkan kurikulum 2013. Sehingga penulis tertarik membuat program berkaitan dengan sistem penghitungan nilai SD berbasis kurikulum2013.

Berdasarkan observasi yang telah dilakukan oleh penulis bahwa mekanisme penilaian kurikulum 2013 ini berbeda dengan kurikulum sebelumnya, juga lebih kompleks dan pengaplikasiannya tidak mudah. Dalam kurikulum 2013 penilaiannya terdiri dari 3 aspek, yakni Pengetahuan (KI-3), Keterampilan (KI-4) dan Sikap Spiritual dan Sosial (KI-1 dan KI-2) yang masing-masing aspekberbeda cara penanganannya. Selama ini pihak sekolah masih menggunakan aplikasi Microsoft Excel dan Microsoft Word, sebagai alat bantu penilaian siswa SD yang penggunaannya masih individual.

Hal ini cukup merepotkan pada akhir semester karena untuk membuat laporan akhir semester, semua data harus dikumpulkan dari masing-masing guru dan Untuk mengurutkan perangkingan siswa, Maka diperlukan aplikasi untuk mengelola nilai secara efektif, efisien dan dapat di akses dimanapun selama berada dalam jaringan komputer sekolah. Aplikasi ini juga mampu mengelola data dengan baik sehingga user tidak lagi mengalami kesulitan dalam mengelola nilai. Oleh karena itu aplikasi ini dibuat dengan harapan dapat membantu kinerja guru dalam mengelola nilai agar lebih efektif dan efisien Sehingga aplikasi ini dapat menjawab permasalahan tersebut, Dari LatarBelakang di Atas Penulis Mengambil Judul Penerapan Aplikasi Rapor K13 Menggunakan Metode SMART.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut penulis merumuskan masalah dari aplikasi yang dilakukan yaitu :
a. Bagaimana cara membuat dan merancang aplikasi rapor yang efektif dan efisien untuk mengelolah nilai dengan menggunakan Metode SMART.
b. Bagaimana aplikasi dapat menghasilkan rapor secara otomatis dalam bentuk lembaran kertas?

1.3 Batasan Masalah
Adapun batasan masalah dalam aplikasi ini yaitu:
1. Proses yang di lakukan merupakan proses nilai dalam aspek kognitif, psikomotor.
2. Metode yang di gunakan yaitu metode SMART.
3. Sistem ini dibuat hanya sampai tahap uji coba sistem. Uji coba di lakukan pada server lokal, belum terkoneksi oleh internet.

1.4 Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah membuat sebuah apliaksi rapor berbasis web menggunakan metode SMART, yang dapat juga berfungsi sebagai media promosi dari instansi SD NEGERI 20, dan dapat memberikan layanan lebih kepada pihak sekolah, terutama dari pihak guru dalam pengerjaan sistem raport manual ke rapot sistem raport berbasis web.

1.5 Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian adalah:
1. Menerapkan ilmu-ilmu yang telah diperoleh pada waktu perkuliahan.
2. Melatih kerja dan mengamati teknik-teknik yang diterapkan di lapangan dalam bidang Teknik Informatika.
3. Diharapkan dengan aplikasi ini, pihak sekolah dapat terbantu dengan adanya sistem rapor berbasis web terutama pihak guru dan wali kelas

ini merupakan skripsi teknik informatika yang telah berhasil menempuh ujian akhir dan dinyatakan lulus.

Jika anda tertarik dengan aplikasi dan skripsi full, silakan hubungi admin di: 
0853 6789 7220

Untuk melihat video demo aplikasi ini silakan lihat di youtube kami di:

Terima Kasih Salam Skripsi

No comments:

Post a Comment